Doa Istiqomah Dalam Kebaikan Arab Latin Dan Artinya

Istiqomah dalam islam, istiqomah dalam ibadah, istiqomah dalam kebaikan, istiqomah di jalan Allah

Doa Istiqomah adalah doa yang hendaknya selalu kita baca dengan mengharap bahwa Allah akan membuat kita senantiasa istiqomah dalam kebaikan.

Karena kita hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, jadi terkadang sangat susah untuk selalu berperilaku baik tidak melanggar hukum syariat Islam. 

Dalam kesempatan kali ini, Penulis akan berbagi doa tersebut. Pastikan Sobat simak artikel kali ini sampai selesai.

Apa itu Istiqomah?

Kata istiqomah berasal dari bahasa arab yang artinya tetap berdiri atau berjalan lurus jika di analogikan dalam kehidupan sehari hari bermakna pula senantiasa dawam atau terus menerus berada dalam jalan lurus tanpa berpaling ke arah lain.

Istiqomah satu kata yang mudah di ucapka, namun sangat sulit di lakukan. Setiap orang termasuk sobat sekalian pasti berharap selalu istiqomah entah itu istiqomah dalam sholat, dalam ibadah, dalam hijrah yang jelas istiqomah dalam kebaikan.

Selain istiqomah yang sudah di bahas di atas ada yang paling penting, apa itu ?
Istiqomah dalam islam, ya kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT agar kita senantiasa berdiri dalam naungan agama islam.

Bacaan Doa Istiqomah Arab Latin Dan Artinya

Terdapat beberapa doa yang bisa Sobat baca supaya bisa tetap Istiqomah. Dan berikut Penulis bagikan beberapa doa yang bisa Sobat baca dan amalkan:


ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻻَ ﺗُﺰِﻍْ ﻗُﻠُﻮْﺑَﻨَﺎ ﺑَﻌْﺪَ ﺇِﺫْ ﻫَﺪَﻳْﺘَﻨَﺎ ﻭَﻫَﺐْ ﻟَﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﻟَﺪُﻧْﻚَ ﺭَﺣْﻤَﺔً ﺇِﻧَّﻚَ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟْﻮَﻫَّﺎﺏُ

"Robbanaa laa tuzighquluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahablanaa min ladunka rohmah, innaka antal wahhaab"
Artinya :
Wahai Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).

ﻳَﺎ ﻣُﻘَﻠِّﺐَ ﺍﻟْﻘُﻠُﻮﺏِ ﺛَﺒِّﺖْ ﻗَﻠْﺒِﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳﻨِﻚَ

"Yaa Muqollibal quluub, tsabbit qolbii 'alaa diinik"
Artinya :
Wahai Dzat yang Maha membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami di atas agamaMu

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲ ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺤَﻮْﺭِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻜَﻮْﺭِ

"Alloohumma innii a'uudzubika minal haur ba'dal kaur"
Artinya :
"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari terpeleset dari landasan yang benar setelah mendapat hidayah"

Baca Juga: Doa Pergi Berjalan Ke Masjid 

Pentingnya Istiqomah 

Sikap Istiqomah merupakan sifat terpuji yang sepatutnya dimiliki oleh setiap umat Muslim, karena memang sangatlah penting dalam menjalani kehidupan sehari hari. 

Begitu banyak keutamaan dari istiqomah ini, diantaranya kita akan terbiasa menjalani hal hal baik dan tidak akan pernah mau lagi melakukan perbuatan yang bisa menyebabkan dosa. 

Selain itu orang yang sudah bisa menjalankan Istiqomah, ia tidak akan merasa sedih dan risau dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu dan yang akan terjadi di masa depan. 

Saking pentingnya Allah berfriman dalam Al-Quran: 

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
Artinya: “Maka istiqomahlah (tetaplah kamu pada jalan yang benar), sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Hud: 112).

Selain itu Nabi Muhammad SAW juga bersabda: Di dalam Musnad Imam Ahmad dari Anas bin Malik, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Iman seorang hamba tidak akan istiqomah, sehingga hatinya istiqomah. Dan hati seorang hamba tidak akan istiqomah, sehingga lisannya istiqomah. Dan orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatan-kejahatannya, tidak akan masuk surga.” (HR. Ahmad). 

Baca Juga: Doa Sebelum Tidur Arab Latin Dan Artinya

Penutup

Bacalah doa istiqomah di atas secara dawam atau konsisten, agar sobat senantiasa di berikan kekuatan hati dan keteguhan hati dalam menjalankan TAQWA kepada Allah. Sekian semoga bermanfaat.
Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Istiqomah Dalam Kebaikan Arab Latin Dan Artinya "