Doa Sholat Jenazah Arab Latin Dan Artinya

Ketika ada umat muslim meninggal sudah menjadi kewajiban bagi kita sesama muslim yang masih hidup, untuk mengurus jenazahnya mulai dari proses memandikan, mengkafani, mensholatkan sampai mengantar ke tempat pemakaman.

Doa sholat jenazah arab latin dan artinya

Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi doa yang di baca ketika sobat melaksanakan sholat jenazah. Karena doa ini jarang di baca Siapa tahu sobat lupa dan ingin menghafalnya kembali.

Doa ini di baca setelah takbir ke3 dan ke4, karena seperti kita ketahui tata cara sholat jenazah memiliki 4 takbirotul ikhrom. Setelah takbir pertama membaca Surat Al-Fatihah, takbir kedua membaca sholawat nah baru takbir selanjutnya membaca doa yang akan saya bagikan ini. Berikut doanya:

Doa sholat jenazah setelah takbir ke3:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻪُ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻪُ ﻭَﻋَﺎﻓِﻪِ ﻭَﺍﻋْﻒُ ﻋَﻨْﻪُ

ALLHUMMAGFIRLAHU WARHAMHU WA'AFIHI WA'FUANHU WAJ'ALIL JANNTA MATSWAHU"
Artinya:
“Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia.”

Doa sholat jenazah setelah takbir ke4:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﻟَﺎ ﺗَﺤْﺮِﻣْﻨَﺎ ﺍَﺟْﺮَﻩُ ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻔْﺘِﻨَّﺎ ﺑَﻌْﺪَﻩُ ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻨَﺎ ﻭَﻟَﻪُ

"Allahumma la tahrimna ajrohu wala taftina ba’dahu wagfir lana wa lahu"
Artinya:
“Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

Doa di atas khusus untuk jenazah laki laki apabila untuk jenazah perempuan dhomir هُ pada doa di atas diganti dengan هاَ, contohnya ُاﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَﻪ menjadi اﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻟَها dan seterusnya.

Demikian doa jenazah yang bisa saya sampaikan, sayangilah orang orang yang sudah mendahului kita terutama keluarga kita dengan cara mengirim doa kepada mereka atau berziarah ke makam mereka.




Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Sholat Jenazah Arab Latin Dan Artinya"