Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Arab Latin Dan Artinya

Doa setelah hujan reda

Doa ketika turun hujan adalah doa yang harus di baca oleh umat Muslim ketika hujan datang. Ketika turun hujan terkadang sebagian orang malah berkeluh kesah dan terkadang sampai marah. 

Padahal menurut para ulama, ketika turun hujan adalah saa'ah ijabah atau waktu di kabulkannya doa. Jadi berbahagialah ketika hujan turun dan berdoalah! Maka niscaya doamu akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini Penulis akan berbagi doa tersebut, dan membahas sedikit tentang hadis mengenai anjuran berdoa ketika hujan datang. 

Pentingnya Berdoa Ketika Turun Hujan

Dalam agama islam, hujan bukan hanya sekedar fenomena alam. Melainkan merupakan rahmat atau kasih sayang dari Allah SWT untuk semua mahluk ciptaannya di bumi.

Tanpa hujan kehidupan di bumi tidak akan berjalan dengan baik, bisa di bayangkan? akibat jika hujan tidak turun ke bumi. Ya karena semua mahluk hidup di bumi membutuhkan air, termasuk kita manusia.

Selain itu sangat di anjurkan ketika hujan datang, kita mengucap doa sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Di waktu hujan InsyaAllah seperti yang sudah Penulis singgung di atas doa sobat semua akan di kabulkan.

Terdapat satu hadis yang di riwayatkan oleh Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

ﺛِﻨْﺘَﺎﻥِ ﻣَﺎ ﺗُﺮَﺩَّﺍﻥِ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻨِّﺪَﺍﺀِﻭَ ﺗَﺤْﺖَ ﺍﻟﻤَﻄَﺮِ

“ Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan .” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).

Baca Juga: Doa Istiqomah Dalam Kebaikan  

Doa Ketika Turun Hujan Arab Latin Dan Artinya

Lalu doa apa saja yang hendaknya di baca ?

Ketika hujan turun Rasulallah SAW membaca doa :

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻴِّﺒًﺎ ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ

"ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'A"
Artinya: Ya Allah, (jadikan hujan ini) hujan yang membawa manfaat (kebaikan).

Doa di atas di riwayatkan oleh siti Aisyah RA:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺣَﻮَﺍﻟَﻴْﻨَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ , ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺂﻛَﺎﻡِ ﻭَﺍﻟْﺠِﺒَﺎﻝِ ﻭَﺍﻟﻈِّﺮَﺍﺏِ ﻭَﺑُﻄُﻮﻥِ ﺍﻟْﺄَﻭْﺩِﻳَﺔِ ﻭَﻣَﻨَﺎﺑِﺖِ ﺍﻟﺸَّﺠَﺮِ

" Sesugguhnya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hujan beliau berdoa: ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'A (Ya Allah, -jadikan hujan ini- hujan yang membawa manfaat -kebaikan-. " (HR. Al-Buhari).

Doa ketika hujan lebat

Selain doa di atas ketika hujan turun semakin lebat dan di khawatirkan akan membawa bencana Rasulallah SAW membaca doa :

ﻣُﻄِﺮْﻧَﺎ ﺑِﻔَﻀْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺘِﻪِ

Muthirna bifadllillaahi wa rohmatihi
Artinya:
"Kita diberi hujan karena keutamaan dan rahmatNya."

Baca Juga: Doa Pagi Hari Arab Latin Artinya 

Demikian sobat ulasan tentang doa turun hujan semoga bersama hujan yang turun, Allah memberikan rahmat kepada kita dan menjauhkan bahaya dari kita.
Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Ketika Turun Hujan Lengkap Arab Latin Dan Artinya "