7 Ayat Al-Quran Tentang Kematian: Mari Mengingat Mati!

Pembahasan tentang ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang kematian untuk pengingat kita selaku umat muslim agar senantiasa mengingat kematian

Ayat Al-Quran tentang kematian merupakan pedoman bagi kita selaku seorang muslim untuk selalu mengingat akan kematian. Melalui ayat-ayatnya, kita diajak untuk merenungi makna hidup dan kematian, serta mempersiapkan diri untuk kehidupan setelahnya. Pada artikel kali ini, Penulis akan membahas beberapa dalil dari Al-Quran tentang kematian yang bisa kita jadikan bahan renungan.

Tentang Kematian

Kematian adalah suatu kepastian yang akan dihadapi oleh setiap makhluk hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT memberikan banyak petunjuk dan pengajaran tentang kematian, tujuannya untuk mengingatkan kita agar selalu siap menghadapi akhir kehidupan ini. 

Kematian bukanlah akhir dari segalanya, melainkan pintu menuju kehidupan yang kekal di akhirat. Melalui kematian, kita akan mempertanggungjawabkan semua perbuatan selama hidup di dunia.

Dalil Al-Quran Tentang Kematian

Al-Quran memang sangatlah luar biasa segala pedoman untuk umat muslim tercetak dengan sempurna dalam Al-Quran termasuk ayat yang membicarakan tentang kematian. Berikut di antaranya: 

1. Surah Al-Imran Ayat 185

تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۖ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَـٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَـٰعُ ٱلْغُرُورِ
"Kullu nafsin dzaa-iqatul maut. Wa innamaa tuwaffauna ujuurakum yaumal qiyaamah. Faman zuhziha 'anin naari wa udkhilal jannata faqad faaz. Wa mal hayaatud dunya illaa mataa'ul ghuruur."
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."
Ayat ini menegaskan bahwa setiap makhluk hidup pasti akan mengalami kematian. Hal ini mengingatkan kita untuk tidak terlalu terikat dengan dunia, karena kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan akhirat.

2. Surah Al-Ankabut Ayat 57

كُلُّ نَفْسٍۢ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۖ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
"Kullu nafsin dzaa-iqatul maut. Thumma ilainaa turja'uun."
"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan."
Ayat ini mengulangi kepastian kematian dan kepulangan kita kepada Allah. Ini adalah pengingat bahwa hidup kita di dunia ini hanya sementara, dan kita harus selalu mempersiapkan diri untuk kembali kepada-Nya.

3. Surah Al-Mulk Ayat 2

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًۭا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

"Alladzii khalaqal mawta wal hayaa li-yabluwakum ayyukum ahsanu 'amalaa wa huwal 'aziizul ghafuur."
"Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun."
Ayat ini menunjukkan bahwa kematian dan kehidupan adalah ciptaan Allah sebagai ujian untuk manusia. Kita diingatkan untuk selalu berbuat baik dan menjalani hidup sesuai dengan ajaran-Nya.

4. Surah Az-Zumar Ayat 30

إِنَّكَ مَيِّتٌۭ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ
"Innaka mayyitun wa innahum mayyituun."
"Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula)."
Ayat ini menegaskan kembali kepastian kematian bagi setiap manusia, termasuk para nabi. Tidak ada seorang pun yang dapat menghindarinya.

5. Surah Al-Jumu'ah Ayat 8

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَـٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَـٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَـٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
"Qul innal mawta ladzi tafirruuna minhu fa-innahu mulaaqiikum. Thumma turadduuna ilaa 'aalimil ghaibi wasy-shahaadati fayunabbi'ukum bimaa kuntum ta'maluun."
"Katakanlah, 'Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu. Kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.'"

Ayat ini mengingatkan kita bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti dan tidak dapat dihindari. Lari darinya tidak akan mengubah takdir yang telah ditentukan.

Baca Juga: 4 Ayat Al-Quran Tentang Amanah: Panduan Menjaga Kepercayaan 

6. Surah Al-Baqarah Ayat 156

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَـٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌۭ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ
"Alladziina idzaa asaabat-hum mushiibatun qaaluu innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun."
"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, 'Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un' (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)."
Ayat ini sering kita dengar ketika ada yang meninggal. Ini adalah pengingat bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya. Sikap tawakal dan ikhlas sangat ditekankan di sini.

7. Surah Ali Imran Ayat 145

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تَمُوتَ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ كِتَـٰبًۭا مُّؤَجَّلًۭا ۗ وَمَن يُرِدْ ثَوَابَ ٱلدُّنْيَا نُؤْتِهِۦ مِنْهَا وَمَن يُرِدْ ثَوَابَ ٱلْـَٔاخِرَةِ نُؤْتِهِۦ مِنْهَا ۚ وَسَنَجْزِى ٱلشَّـٰكِرِينَ
"Wa maa kaana linafsin an tamuuta illaa bi-idznillaahi kitaaban mu'ajjalaa. Wa man yurid tsawaabud-dunyaa nu'tihii minhaa wa man yurid tsawaabal-aakhirati nu'tihii minhaa wa sanajzil syaakiriin."
"Dan tidak ada seorang pun yang dapat mati kecuali dengan izin Allah sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur."

Ayat ini menegaskan bahwa kematian hanya terjadi dengan izin Allah. Kita diajak untuk memilih pahala akhirat dibandingkan dengan kesenangan dunia yang sementara.

Refleksi dari Ayat-Ayat Tentang Kematian

Ayat-ayat Al-Quran tentang kematian membawa kita pada kesadaran bahwa hidup ini fana dan sementara. Kematian bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari kehidupan yang abadi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mempersiapkan diri, beramal baik, dan mengumpulkan pahala yang sangat kita butuhkan kelak di di akhirat. 

Selain itu patut kita sadari, kita tak lepas dari namanya dosa dan kesalahan. Dengan mengingat kematian semoga kita bisa lebih menjaga sikap dan perbuatan kita. Jikapun sudah melakukan dosa semoga kita selalu di berikan hidayah untuk senantiasa bertobat kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Ayat-ayat Al-Quran tentang kematian mengajarkan kita tentang kepastian hidup dan mati, serta mengingatkan kita untuk selalu introspeksi dan memperbaiki diri. Melalui pemahaman yang mendalam, kita bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna dan penuh kesadaran.

Ingatlah, kehidupan dunia hanyalah sementara, dan persiapan untuk akhirat adalah yang utama. Semoga kita semua selalu diberi hidayah dan kekuatan untuk menjalani hidup sesuai dengan ajaran-Nya.
Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "7 Ayat Al-Quran Tentang Kematian: Mari Mengingat Mati!"