Doa Kafaratul Majelis Lengkap Teks, Dalil Dan Keutamaan

Doa kafaratul majelis lengkap arab latin dan terjemahan serta dalil dan keutamaan

Ketika kamu menghadiri suatu acara atau majelis, kamu mungkin sering mendengar doa yang dibacakan di akhir pertemuan. Doa ini disebut dengan doa kafaratul majelis. Dalam Islam, doa ini memiliki makna dan keutamaan yang sangat penting. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang doa kafaratul majelis ini! 

Apa Itu Doa Kafaratul Majelis?

Secara sederhana, doa kafaratul majelis adalah doa yang dibacakan untuk menutup suatu pertemuan atau majelis. Kata "majelis" sendiri berarti sebuah perkumpulan atau acara yang dihadiri oleh sekelompok orang untuk membahas atau mendiskusikan sesuatu. Ini bisa berupa majelis muamalah, majelis musyawarah, majelis ta'lim, atau bahkan pengajian.

Dalam Islam, pertemuan semacam ini biasanya membahas hal-hal yang bermanfaat dan penuh dengan kebaikan. Ketika kita mengakhiri pertemuan tersebut, dianjurkan untuk membaca doa kafaratul majelis sebagai bentuk penutup yang baik.

Baca Juga:7 Doa Penghapus Dosa Maksiat: Cara Memohon Ampunan dari Allah

Dalil Doa Kafaratul Majelis

Doa kafaratul majelis biasanya dibacakan di akhir pertemuan. Sebelum salam penutup, doa ini diucapkan untuk mengakhiri majelis dengan baik. Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk membaca doa ini. Beliau bersabda:

عَنْ أَبِى بَرْزَةَ الأَسْلَمِىِّ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ بِأَخَرَةٍ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ مِنَ الْمَجْلِسِ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ لَتَقُولُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُولُهُ فِيمَا مَضَى. قَالَ : كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُونُ فِى الْمَجْلِسِ

Artinya: 

“Dari Abu Barzah Al-Aslami, berkata bahwa Rasulullah SAW di akhir majelis ketika hendak berdiri meninggalkan majelis berkata, (Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik, artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau dan aku meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu), ada seseorang yang berkata pada Rasul SAW, ‘Wahai Rasulullah, engkau mengucapkan suatu perkataan selama hidupmu’, Beliau bersabda, (Doa itu sebagai penambal kesalahan yang dilakukan dalam majelis).” (HR. Abu Daud: 4857 dan Ahmad, 4:425)

Doa ini sebagai penambal kesalahan atau kata-kata yang sia-sia selama majelis berlangsung. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya menjaga kata-kata kita selama pertemuan.

Bacaan Doa Kafaratul Majelis

Berikut adalah bacaan doa kafaratul majelis yang sering dilafazkan dalam berbagai kegiatan: 

Arab

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Latin

Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik.

Terjemahan

Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Pendek: Solusi Buat Kamu Yang Susah Menghafal 

Keutamaan Membaca Doa Kafaratul Majelis

1. Penambal Atas Kesalahan Kata-Kata

Membaca doa kafaratul majelis bisa menutup kesalahan kata-kata yang mungkin terucap selama pertemuan. Terkadang, tanpa sengaja, kita mungkin mengatakan sesuatu yang tidak perlu atau tidak bermanfaat. Doa ini membantu kita memohon ampunan atas kata-kata tersebut.

2. Ilmu yang Didapatkan Lebih Bermanfaat

Ketika majelis yang kita hadiri adalah majelis ilmu, doa kafaratul majelis membantu kita agar ilmu yang didapatkan lebih bermanfaat dan diberkahi. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap kaum yang bangkit dari majelis yang tidak ada dzikir pada Allah, maka selesainya majelis itu seperti bangkai keledai dan hanya menjadi penyesalan pada hari kiamat."

3. Memudahkan Jalan ke Surga

Menghadiri majelis ilmu dan membaca doa kafaratul majelis bisa memudahkan jalan kita menuju surga. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga."

4. Menguatkan Keimanan dan Ketakwaan

Doa ini menunjukkan bahwa kita adalah orang-orang yang selalu bertakwa dan berusaha meningkatkan iman kepada Allah SWT. Dengan menjaga kata-kata dan mengakhiri majelis dengan doa, kita menunjukkan ketakwaan kita kepada-Nya.

Baca Juga: Bacaan Salam Ketika Ziarah Kubur Lengkap Arab Latin Dan Terjemahan

Kesimpulan

Membaca doa kafaratul majelis di setiap akhir acara atau pertemuan haruslah kita lakukan karena merupakan salah satu cara kita menjaga keimanan dan ketakwaan. 

Doa ini tidak hanya membantu kita memohon ampunan atas kata-kata yang tidak bermanfaat, tetapi juga membantu kita mendapatkan berkah dari ilmu yang telah kita pelajari. Semoga kita selalu ingat untuk membaca doa ini setiap kali menghadiri majelis.

Musbat Goasudin
Musbat Goasudin Mantan santri, insyaAllah suka ngaji dan berbagi

Posting Komentar untuk "Doa Kafaratul Majelis Lengkap Teks, Dalil Dan Keutamaan"